CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM :
CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM PRODI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Perumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL) Program Studi S1 Pendidikan Non Formal Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA dicapai melalui tahap-tahap sebagai berikut:
Berdasarkan Peraturan Menteri No. 44 Tahun 2015, capaian pembelajaran lulusan untuk program studi mencakup 4 Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), yaitu LO Sikap, LO Ketrampilan Umum, LO Ketrampilan Khusus, dan LO Pengetahuan. LO Sikap dan Keterampilan Umum dirujuk dari LO yang ditetapkan oleh Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan selanjutnya ditambah dengan 2 LO Sikap dan 4 LO Keterampilan Umum oleh Universitas untuk mendukung Visi dan Misinya. Sedangkan LO Ketrampilan Khusus dan LO Pengetahuan disesuaikan dengan kesepakatan program studi dan Asosiasi Pendidikan Non Formal.
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, standar kompetensi lulusan merupakan landasan yang menetapkan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan. Standar ini mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. Sikap sebagaimana dinyatakan dalam Pasal 5 ayat (1) merupakan hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses Pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, Penelitian, dan/atau Pengabdian kepada Masyarakat yang terkait dengan Pembelajaran. Pengetahuan mencakup penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang studi tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses Pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, Penelitian, dan/atau Pengabdian kepada Masyarakat yang terkait dengan Pembelajaran. Keterampilan merujuk pada kemampuan melakukan tugas dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen yang diperoleh melalui Pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, Penelitian, dan/atau Pengabdian kepada Masyarakat yang terkait dengan Pembelajaran. Keterampilan ini mencakup keterampilan umum dan keterampilan khusus yang relevan dengan bidang kajian Program Studi.
TABEL CAPAIAN PEMBELAJARAN (CPL) S1 PLS
KODE CPL |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
PLO 1 |
Mampu menunjukkan nilai agama, nasionalisme dan kebudayaan nasional, serta etika akademik dalam menjalankan tugasnya |
PLO 2 |
Menunjukkan sikap tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berkarakter wirausaha. |
PLO 3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
PLO 4 |
Mengembangkan diri dan berkolaborasi secara berkelanjutan. |
PLO 5 |
Menguasai konsep dasar Pendidikan Non Formal untuk mengelola program pendidikan nonformal |
PLO 6 |
Menguasai teknik-teknik pemberdayaan masyarakat untuk merencanakan dan mengaplikasikan pada program pendidikan nonformal. |
PLO 7 |
Menguasai proses manajerial seperti perencanaan, implementasi, dan evaluasi program pendidikan non-formal |
PLO 8 |
Mampu mendesain dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis andragogy dan pendidikan masyarakat |
PLO 9 |
Mampu untuk memberdayakan masyarakat dan mengi Able to empower the community and menerapkan keiwrusahaan sosial pada pengelolaan lembaga satuan PNF |
PLO 10 |
Mampu berkomunikasi baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan nilai, norma, dan etika akademik. |
PLO 11 |
Mampu memanfaatkan teknologi dan informasi dalam upaya penyelesaian masalah sesuai dengan bidang keahliannya. |
PLO 12 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dan bekerja sama sesuai dengan norma dan etika profesi |
Profil Lulusan (GP) Pendidikan Non Formal (UPNFE) adalah:
(GP 1) : Pendidik/Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat - Lulusan dapat menjadi instruktur/fasilitator/tutor yang cakap dalam merancang dan mengorganisir pembelajaran, terutama untuk kelompok orang dewasa. Juga berkompetisi untuk merancang program pendidikan bagi masyarakat dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip kewirausahaan sosial. UPNFE berkomitmen untuk menciptakan lulusan yang mampu memberdayakan masyarakat.
(GP 2) : Manager - Lulusan yang dihasilkan mampu mengelola program pendidikan non formal, berkompetisi untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar masyarakat, merencanakan program, serta mampu mengimplementasikan dan mengevaluasi program. Beberapa contoh Program Pendidikan Non Formal adalah: Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Pelatihan, Program Pendidikan Tambahan, Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Pendidikan Anak Usia Dini, dan lain-lain.
Untuk mencapai tujuan UPNFE, berikut ini adalah matriks keterkaitan dan deskripsi PLO dan keterkaitan profil lulusan:
MATRIX KETERHUBUNGAN ANTARA CAPAIAN PEMBELAJARAN DENGAN PROFIL LULUSAN
PLO CODE |
PLO |
PL 1 |
PL2 |
PLO 1 |
Mampu menunjukkan nilai agama, nasionalisme dan kebudayaan nasional, serta etika akademik dalam menjalankan tugasnya |
v |
v |
PLO 2 |
Menunjukkan sikap tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berkarakter wirausaha. |
v |
|
PLO 3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan. |
v |
v |
PLO 4 |
Mengembangkan diri dan berkolaborasi secara berkelanjutan. |
v |
|
PLO 5 |
Menguasai konsep dasar Pendidikan Non Formal untuk mengelola program pendidikan nonformal |
v |
v |
PLO 6 |
Menguasai teknik-teknik pemberdayaan masyarakat untuk merencanakan dan mengaplikasikan pada program pendidikan nonformal. |
|
v |
PLO 7 |
Menguasai proses manajerial seperti perencanaan, implementasi, dan evaluasi program pendidikan non-formal |
v |
|
PLO 8 |
Mampu mendesain dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis andragogy dan pendidikan masyarakat |
v |
v |
PLO 9 |
Mampu untuk memberdayakan masyarakat dan mengi Able to empower the community and menerapkan keiwrusahaan sosial pada pengelolaan lembaga satuan PNF |
|
v |
PLO 10 |
Mampu berkomunikasi baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan nilai, norma, dan etika akademik. |
v |
v |
PLO 11 |
Mampu memanfaatkan teknologi dan informasi dalam upaya penyelesaian masalah sesuai dengan bidang keahliannya. |
v |
v |
PLO 12 |
Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dan bekerja sama sesuai dengan norma dan etika profesi |
v |
v |