BUKU |
PENULIS |
Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Non Formal |
Dr. Gunarti Dwi Lestari, M.Si., M.Pd.
Widya Nusantara, S.Pd., M.Pd.
|
INFORMASI |
|
Tahun
Terbit :
2020
Diterbitkan
Oleh : CV. Beta Aksara
Intisari : Media Pembelajaran
sangat penting untuk merangsang pembelajaran, agar tercipta pembelajaran yang
aktif, efektif, dan efisien, Buku ini membahas tentang : media pembelajaran
dalam proses pembelajaran, fungsi media pembelajaran bagi orang dewasa,
klasifikasi media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, pemilihan media
pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, dan desain permainan
pembelajaran orang dewasa dengan disertai contoh model media pembelajaran
yang ada di msyarakat. Dalam
lampiran buku ini disediakan contoh hasil penerapan media pembelajaran yang
aktif, komunikatif, dan edukatif yang mudah diaplikasikan di masyarakat. Oleh
karena ini, buku ini sengaja dihadirkan bagi pembaca, untuk mengetahui
pentingnya pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran, jenis, bentuk
dan tujuan media pembelajaran untuk orang dewasa dan bagaimana mengembangkan
media pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan dinamis sesuai
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
BUKU |
PENULIS |
Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar Pendidikan Non Formal
dan Informal |
Dr. I Ketut Atmaja J.A. M.Kes. Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd.
Widya Nusantara, S.Pd., M.Pd.
|
INFORMASI |
|
Tahun
Terbit :
2020
Diterbitkan
Oleh : CV. Beta Aksara
Intisari : Buku identifikasi
kebutuhan dan sumber belajar ini memuat identifikasi kebutuhan belajar PLS
dalam rangka penyusunan program PLS, mengidentifikasi kebutuhan belajar,
manfaat identifikasi kebutuhan belajar bagi penyusunan program belajar,
mengenal wilayah dampingan, teknik-teknik identifikasi kebutuhan belajar, penerapan
metode PRA dalam proses identifikasi, pembuatan penyusunan instrumen
identifikasi kebutuhan belajar, dan garis pokok penyusunan suatu program.
Dengan dihadirkan buku ini diharapkan PLS kedepan akan menjadi Leading
Sector dalam mendidik masyarakat untuk terus belajar dan gemar
belajar melalui lembaga-lembaga yang dikembangkan dalam pendidikan luar
sekolah seperti P2PAUD&DIKMAS, BPPAUD&DIKMAS, SKB, PKBM, LKP, PAUD,
TBM, majlis taklim, dan lembaga sejenis.
|
BUKU | PENULIS |
Undaunted |
Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd. & Alumni
|
INFORMASI | |
Tahun Terbit : 2020
Diterbitkan Oleh : CV. Beta Aksara
Intisari : Alumni PLS : Undaunted, judul buku ini adalah menggambarkan kurang lebih makna yang sama dengan “Wani”, keberanian mencoba dan berkreativitas dalam berproses. Buku Alumni PLS Unesa yang berjudul Undaunted itu bahwa para alumni PLS tidak akan terintimidasi oleh kesulitan, tak kenal takut. Saya ingin membagi pengalaman bagi alumni yang baru lulus 3 bulan untuk berbagi kisahnya melalui buku ini. Buku ini berisi tentang pengalaman 18 alumni dari jurusan pendidikan luar sekolah (PLS), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya yang menjalani hari-j=harinya di perkuliahan selama kurang lebih 4-5 tahun di kampus Lidah Wetan, Surabaya. Buku ini sangat cocok dibaca oleh mahasiswa jurusan PLS dan mahasiswa dari luar jurusan PLS. Karena buku ini memberikan inspirasi dan spirit kepada pembaca. Selama itu, dalam buku ini berisi kisah singkat 18 orang aluni tentang keberanian mereka, pengalaman yang khas orang muda. 18 orang alumni tersebut menceritakan kisah selama kuliah mengikuti organisasi, kegiatan penunjang akademik. Itulah sebabnya saya yakinkan bahwa ilmu dan pengalaman seseorang itu melekat pada setiap individu. Berlatih dan terus belajar agar bekal anda dalam menghadapi tantangan masa depan semakin siap. |
BUKU | PENULIS |
Learning Society di Kampung Inggris |
Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd. Dr. Gunarti Dwi Lestari, M.Si., M.Pd. |
INFORMASI | |
Tahun Terbit : 2020
Diterbitkan Oleh : CV. Beta Aksara
Intisari : Buku ini hadir sebagai hasil penelitian selama 2 tahun di Kampung
Inggris, Pare, Kediri. Buku ini membahas tentang keterlibatan pekerja sektor
informal dalam aktivitas Learning Society. Kampung Inggris adalah tempat
layanan pendidikan non formal yang berkembang pesat di Indonesia terutama di
Jawa Timur. Jumlah lembaga kursus yang ada di Kampung Inggris lebih dari 100
lembaga kursus yang memberi layanan program bahasa Inggris, Mandarin, dan Arab.
Hal ini membuktikan bahwa pendidikan non formal sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
Oleh karena itu, pendidikan non formal memiliki eksistensi yang kuat dalam
mengembangkan kemampuan seseorang. Buku ini sangat cocok dibaca oleh mahasiswa, tenaga pengajar, masyarakat, serta para praktisi yang berkecimpung di bidang PLS. karena buku dengan judul Learning Society menjelaskan tentang: 1) Pengantar Learning Society, 2) membangun masyarakat gemar belajar, 3) Learning Society di Kampung Inggris, 4) Simple English di Kampung Inggris. |