Kolaborasi Akademik PLS UNESA dan PIAUD IAIN Madura Hadirkan Sinergi Deep Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Permainan Tradisional

4 April 2025 — Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menyelenggarakan kegiatan kuliah tamu yang menggandeng Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sebagai bagian dari kolaborasi akademik lintas institusi. Kegiatan yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting ini mengangkat tema menarik:
“Sinergi Deep Learning dalam Prinsip Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Permainan Tradisional.”
Kuliah tamu ini diselenggarakan dalam konteks Mata Kuliah Praktik Mengajar 1, dan menghadirkan narasumber dari UNESA, Desika Putri Mardiani, M.Pd., yang dikenal aktif dalam kajian pendidikan anak dan pengembangan model pembelajaran inovatif berbasis permainan tradisional.
Dalam paparannya, Desika menjelaskan bagaimana pendekatan deep learning — yang meliputi pembelajaran mindful, meaningful, dan joyful — dapat diintegrasikan secara sinergis dengan prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini. Ia juga menekankan bahwa permainan tradisional bukan hanya alat pembelajaran yang menyenangkan, tetapi juga media penting untuk menumbuhkan kemampuan kognitif, afektif, dan sosial anak secara holistik.
“Permainan tradisional dapat menjadi jembatan yang kuat antara budaya lokal dan inovasi pedagogis. Jika dipadukan dengan pendekatan deep learning, maka pembelajaran akan menjadi lebih kontekstual, bermakna, dan mengakar,” ujar Desika. Kegiatan ini dipandu oleh mahasiswa semester 4 dan Bapak Danang Prastyo, M.Pd. sebagai dosen pengampu mata kuliah dari IAIN Madura, yang juga turut mendorong mahasiswa untuk melihat keterkaitan antara praktik lapangan, kearifan lokal, dan tuntutan pendidikan abad ke-21.
Kuliah tamu ini tidak hanya memperkaya wawasan mahasiswa dalam merancang pembelajaran yang relevan, tetapi juga mempererat jejaring antarprodi di lingkungan perguruan tinggi, terutama dalam penguatan keilmuan dan profesionalisme pendidik PAUD berbasis nilai-nilai lokal dan pendekatan inovatif. Dengan antusiasme peserta yang tinggi dan suasana diskusi yang aktif, kolaborasi ini diharapkan menjadi awal dari kerja sama yang lebih luas antara UNESA dan IAIN Madura dalam bidang riset, pengabdian masyarakat, dan pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini.